terkini

Iklan Film

Perludem Gelar Workshop Transparansi Kebijakan Publik: Adlina, Lindungi Hak Kaum Rentan dan Marjinal Dengan Kolaborasi

Lidinews
Selasa, 9/12/2023 09:53:00 PM WIB Last Updated 2023-09-12T14:53:37Z

Gambar : Perludem Gelar Workshop Transparansi Kebijakan Publik: Adlina, Lindungi Hak Kaum Rentan dan Marjinal Dengan Kolaborasi. Lidinews.id


Sumatera Utara, Medan, Lidinews.id - Presidium Nasional Forum Politisi Muda Indonesia  Adlina menghadiri  Undangan  Pelatihan dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem)  yang bertajuk 'Menjamin Transparansi Kebijakan Publik di Daerah: Pemantauan dan Audit Sosial terhadap Kebijakan Pemerintah Daerah'.


Pelatihan dan Diskusi ini akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu hari selasa - Rabu, 12 – 13 September 2023 secara virtual.


Kegiatan ini juga di hadiri beberapa perwakilan seperti dari AJI Medan, PPDI Medan, FPMI Sumatera Utara, KPPI Sumatera Utara, KPPRI DPRD Sumatera Utara, AMAN Sumatera Utara, LBH Medan, DEEP Sumatera Utara serta perwakilan dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 


Menurut Adlina, di sini kita bersinergi lintas Organisasi tapi mempunyai tujuan sama yaitu memperjuangkan hak-hak kaum marjinal, dan berdiskusi tentang sejauh mana pemerintah di setiap provinsi memberikan kesempatan kepada organisasi atau kelompok untuk melakukan pemantauan, asesmen, penilaian nya dalam merealisasikan kebijakan publik yang berdampak luas kepada masyarakat. 


"Hari pertama ini kita membahas Realitas Penunjukan PJ Kepala Daerah dan Akuntabilitas Publik di Provinsi, penting untuk memiliki mekanisme pengawasan dan audit yang kuat untuk memastikan bahwa sumber daya publik digunakan dengan tepat dan efisien oleh kelompok yang termarjinalkan. Selain itu, pengawasan oleh media, LSM, dan masyarakat umum juga diperlukan untuk memastikan akuntabilitas pemerintah dapat di akses dan  transparan," ujar adlina yang merupakan Perwakilan dari Forum Politisi Muda Indonesia.


Adlina menyampaikan bahwa Forum Politisi Muda Indonesia siap menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak kaum marjinal.

Berharap hasil pelatihan ini akan membawa tindak lanjut nyata yang bisa dijadikan rekomendasi ke Pemerintah serta menciptakan sinergitas Organisasi, Komunitas dan Pihak yang memperjuangkan hak - hak kelompok marjinal di daerah dalam melakukan upaya kontrol dan memantau kebijakan publik di daerah dari kebijakan anggaran, Peraturan Daerah yang pro terhadap kaum marjinal optimis.


"Saya mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Perludem, dan optimis  dengan Kolaborasi kita bisa mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh kaum marjinal. Forum Politisi Muda Indonesia sendiri yang didalamnya kader muda lintas partai politik akan selalu aktif dalam melakukan aksi dalam mengurangi masalah kaum marjinal dan meningkatkan kualitas hidup mereka dengan aksi bantuan sosial, mendukung kebijakan publik melalui wakil rakyat dari partai, Program Pemberdayaan Ekonomi dan advokat bagi kaum marjinal dengan berpartisipasi dalam gerakan sosial atau organisasi yang berkomitmen untuk mengatasi ketidaksetaraan," ujar Adlina optimis.





Perludem Gelar Workshop Transparansi Kebijakan Publik: Adlina, Lindungi Hak Kaum Rentan dan Marjinal Dengan Kolaborasi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perludem Gelar Workshop Transparansi Kebijakan Publik: Adlina, Lindungi Hak Kaum Rentan dan Marjinal Dengan Kolaborasi

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo