terkini

Iklan Podcast

Selalu Mengantuk Dan Lemas Jangan Terlalu Disepelekan. Ini Alasannya!

Melani
Rabu, 9/13/2023 10:53:00 AM WIB Last Updated 2023-09-13T03:53:00Z
Gambar : Mastika Br Ginting. Istimewa. Selalu Mengantuk Dan Lemas Jangan Terlalu Disepelekan. Ini Alasannya! Lidinews.id


Bagaimana keadaan kawan kawan hari ini? Apakah sudah siap untuk memulai beraktivitas?


Lidinews.id - Mengawali hari di pagi hari merupakan waktu yang baik untuk hasil yang baik. Bersemangat untuk beraktivitas dan bekerja sangat penting untuk memacu kita agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Tetapi, ada masanya kita tidak semangat, yang mungkin disebabkan dari keadaan tubuh yang lemas dan mengantuk. Keadaan itu pasti cukup mengganggu aktivitas, apalagi kita punya target di depan mata.


Beberapa penyebab tubuh terasa lemas dan sering mengantuk, dengan mengantisipasi penyebabnya, berpotensial untuk mencegah kita mudah mengantuk dan lemas.


Berikut ini 10 penyebab sering mengantuk dan lemas:

 1. Terlalu banyak beraktivitas

Aktivitas yang berlebihan adalah salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita. Secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas ketika melakukan suatu aktivitas berlebihan, sebab kalori yang disimpan dalam tubuh akan terbakar. Bisa dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

 

2. Kekurangan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh

Penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan dari kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi pada tubuh. Kekurangan kalori dan juga zat gizi sangat berpengaruh dengan aktivitas dan jika kalori dan zat gizi kurang, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.

Jadi, untuk itu mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara:

  • Wajib sarapan atau makan pagi
  • Minum suplemen untuk meningkatkan asupan vitamin dan  zat gizi dalam tubuh
  • Jangan beraktivitas terlalu berlebihan.

 

3. Terlalu banyak makan

Ternyata fakta dan hasil penelitian juga mengatakan jika kita mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori atau makan secara berlebihan, hal ini juga dapat menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Maka dari itu, kita harus mampu mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, supaya kita tidak merasa ngantuk dan juga lemas saat beraktivitas.

 

4. Dehidrasi

Penyebab sering mengantuk dan rasa lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Kondisi tubuh karena kurang minum juga dapat mengakibatkan konsentrasi dan fokus menurun. 


5. Menurunnya suplai oksigen ke otak

Rasa mengantuk lemas pada tubuh juga dapat disebabkan karena kekurangan suplai oksigen. Menurunnya suplai oksigen dapat mengakibatkan fungsi dan kerja otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebabkan kantuk dan lemas.

Kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun disebabkan beberapa faktor antara lain :

  • Dehidrasi
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah rendah

 

6. Insomnia, gangguan tidur dan juga kurang tidur

Kita pasti sering mendengar tentang insomnia. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur di malam hari. Berikut ini beberapa penyebabnya Insomnia:

  • Banyak pikiran
  • Bahaya merokok dan minum alkohol
  • Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal
  • Adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya
  • Bahaya kafein

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia adalah salah satu faktor penyebab rasa lelah, lemas dan juga mengantuk. Selain insomnia beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa ngantuk dan 

tubuh yang lemas antara lain :

  • Kurangnya waktu tidur
  • Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk dan tidur sambil berjalan

 

7. Anemia

Penyebab-penyebab dari rasa mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh juga disebabkan oleh kondisi disiologis dan  lingkungan, ada pula penyebabnya dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga lemas. Hal pertama adalah anemia atau yang sering disebut dengan kekurangan darah. Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala 5 L yaitu:

  • Lemah
  • Lelah
  • Lemas
  • Letih
  • Lesu

Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuh sehingga membuat kondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

 

8. Tekanan darah Rendah

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Penderita anemia mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

Ciri-ciri darah rendah masih berkaitan dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk oksigen ke dalam tubuh. Secara langsung hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh yang tubuh menjadi lemas dan juga mudah merasa mengantuk.

 

9. Kanker

Inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling ditakuti. Tapi, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh. Jika kita mengalami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa askit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

10. Diare

Diare adalah kondisi tubuh yang berhubungan dengan sistem pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Umumnya diare berhubungan langsung dengan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi, karena feses yang keluar berupa cairan. Maka dari itu, biasanya penderita diare akan terlihat sangat pucat dan juga mudah merasa lemas.

Jadi itulah beberapa penyebab tubuh sering lemas dan mengantuk, semoga kita bisa bijak dalam menjaga kesehatan dan mewaspadai gejala-gejala yang muncul pada tubuh kita.




Editor : Egaria




Selalu Mengantuk Dan Lemas Jangan Terlalu Disepelekan. Ini Alasannya!

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Selalu Mengantuk Dan Lemas Jangan Terlalu Disepelekan. Ini Alasannya!

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo