terkini

Iklan Film

film

PPLK FAI Unisma Gelar Kajian Kitab Lubabul Hadist di SMPI Bani Hasyim Untuk Meningkatan Spiritual Siswa

Lidinews
Rabu, 9/13/2023 04:16:00 PM WIB Last Updated 2023-09-13T16:30:46Z
Gambar : PPLK FAI Unisma Gelar Kajian Kitab Lubabul Hadist di SMPI Bani Hasyim Untuk Meningkatan Spiritual Siswa


Jawa Timur, Malang, Lidinews - Tim PPLK Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Malang (UNISMA) menggelar kegiatan keagamaan yang menginspirasi. Kali ini, mereka mengadakan acara 'Kajian Kitab Lubabul Hadist' bersama siswa SMPI Bani Hasyim sebagai bagian dari upaya meningkatkan aspek spiritualitas.


Kegiatan yang diadakan di Masjid Bani Hasyim ini dihadiri lebih dari 100 siswa dan beberapa jajaran guru, Rabu (13/09/23).


Kitab Lubabul Hadist, sebuah kumpulan hadis-hadis pilihan. Dipilih sebagai materi karena memberikan panduan berharga dalam kehidupan sehari-hari dan memperdalam pemahaman agama Islam. 


Tema yang diangkat yaitu “Birrul Walidain” berbuat baik kepada kedua orang tua. 


Ustadz Samsul Affandi M.Pd., menyampaikan "Kegiatan ini bukan hanya sekadar membaca, namun juga mendalami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam hadis-hadis tersebut."


"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi tonggak awal bagi siswa dalam memahami agama Islam dengan lebih baik," ujarnya.


Ustadz Alfan Abdurrahman Hakim selaku pembimbing mengutarakan, "Gagalnya menjadi seorang anak ketika diberi kesempatan menemui hidup orang tuanya, namun tidak berbakti kepadanya," katanya.


Selama kajian berlangsung para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang hadis-hadis yang diambil dari Kitab Lubabul Hadist. 


"Diskusi dan tanya jawab aktif diadakan untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik," terang koordinator Tim PPLK Unisma.


Selain itu, kegiatan ini juga mencakup doa bersama, istighosah, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan spiritual siswa.


"Kami merasa sangat beruntung bisa mengikuti kajian seperti ini. Ini adalah pengalaman yang berharga bagi kami untuk mendalami agama Islam dan kesadaran kami untuk lebih memuliakan kedua orang tua kami yang sudah mencarikan nafkah," ujar salah satu siswa. 


Pasalnya, dengan "Kajian Kitab Lubabul Hadist" ini merupakan salah satu bentuk kontribusi FAI Unisna, mendukung pendidikan agama Islam dan pengembangan nilai-nilai spiritual di kalangan sisw. 


"Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi generasi muda Indonesia dalam menjalani kehidupan yang bermakna secara spiritual," pungkasnya.




Editor : Arjuna H T M



PPLK FAI Unisma Gelar Kajian Kitab Lubabul Hadist di SMPI Bani Hasyim Untuk Meningkatan Spiritual Siswa

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PPLK FAI Unisma Gelar Kajian Kitab Lubabul Hadist di SMPI Bani Hasyim Untuk Meningkatan Spiritual Siswa

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo