terkini

Iklan

film

Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca

Lidinews
Senin, 1/08/2024 08:34:00 PM WIB Last Updated 2024-01-08T13:34:41Z
Gambar : Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca. Lidinews.id


Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Tegalsiwalan 1, Probolinggo.


Jawa Timur, Malang, Lidinews.id - Kegiatan membaca memiliki peran penting dalam pembentukan pengetahuan dan pemahaman siswa. Namun, membiasakan peserta didik, terutama di SDN Tegalsiwalan 1, Kabupaten Probolinggo, untuk membaca secara rutin merupakan tantangan bagi guru maupun orang tua di rumah.


Untuk mengatasi permasalahan ini, mahasiswa kampus mengajar dari Universitas Islam Malang yang berkunjung untuk mengajar selama kurang lebih 4 bulan di SDN Tegalsiwalan 1, mengambil langkah kreatif agar minat baca peserta didik dapat meningkat. 


Salah satu upaya kreatif yang dilakukan adalah pembuatan pojok baca yang dihias dengan gambar-gambar menarik untuk menarik perhatian peserta didik. Di pojok baca tersebut, tersedia beragam buku bacaan anak. 


"Program pojok baca yang kami rancang, direspon positif oleh pihak sekolah dan juga siswa," kata Nabilla Shafira Mahasiswa Kampus Mengajar asal Unisma (08/01/2024).


Ia juga mengatakan bahwa dalam proses menghias dan menyusun buku-bukunya, kami juga dibantu oleh para siswa dan mereka sangat antuasias dengan adanya pojok baca ini.


Untuk mendukung fasilitas ini, mahasiswa juga mengadakan program 'Pembiasaan Literasi' selama 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai. 


"Program ini tidak hanya melibatkan membaca buku, tetapi juga meminta peserta didik untuk menceritakan kembali isi bacaan yang mereka pilih, sehingga selain membaca, mereka juga memahami isi bacaan tersebut," ujarnya.


Gambar : Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca. Lidinews.id


Adapun untuk peserta didik yang masih dalam kelas rendah dan belum lancar membaca, mahasiswa kampus mengajar menginisiasi pembuatan alat peraga literasi untuk membantu peserta didik dalam mengenal kata-kata dan huruf. 


Salah satu contoh alat peraga literasi yang mereka buat adalah 'Roda Alphabet'. Hal ini diharapkan dapat mempermudah proses belajar membaca peserta didik yang masih dalam tahap awal.


"Dengan adanya pojok baca ini, minat siswa untuk membaca semakin meningkat, khususnya buku-buku cerita anak yang menarik perhatian siswa," tambah Bu Fitriana Guru SDN Tegalsiwalan 1, Probolinggo.


"Semoga upaya keras dari mahasiswa kampus mengajar asal Unisma ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Tegalsiwalan 1, Probolinggo," pungkasnya.




Editor : Arjuna H T M




Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Kampus Mengajar Asal Unisma Ciptakan Program Pojok Baca

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo