terkini

Iklan Film

Processing Into Crispy Mushroom

Lidinews
Minggu, 3/03/2024 03:27:00 PM WIB Last Updated 2024-03-03T08:27:43Z
Gambar : Processing into Crispy Mushroom. Lidinews.id

Processing Into Crispy Mushroom : Mengenalkan siswa pada proses pengolahan jamur segar menjadi produk bernilai jual, seperti jamur crispy.

Lidinews.id - Membahas langkah-langkah pengolahan, termasuk pembersihan, pemotongan, perendaman, penyalutan, dan pengeringan jamur menjadi crispy yang renyah.


Serah terima Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik (KSM-T) telah di jalankan pada Senin 19 februari 2024. Kades atau kepala desa Patok Picis, Pak Teguh Siswoyo menyambut para peserta KSM-T dari universitas Islam Malang.


Setelah acara pembukaan dan penyambutan, Mahasiswa tersebut yang terdiri dari 43 siswa ini sudah membentuk menjadi 4 Kelompok dan di bagi ke 4 Dusun yaitu ada Dusun Klakah, Sumber suko, Patok picis, dan Bangsri.


4 kelompok tersebut terdiri dari Kelompok 37,38,39,40. Dan kelompok kami sendiri yaitu kelompok 40 yang berada dan menjalankan proker di dusun Patok picis sendiri.


Pada hari kedua setelah penyambutan kelompok kami langsung mencari UMKM yang berada di dusun patokpicis dan tak selang waktu lama setelah berkeliling desa dan sowan ke Masyarakat.


Kami mendapatkan sebuah UMKM yaitu budidaya jamur tiram dan diolah menjadi produk makanan berupa Jamur crispy.


Usaha tersebut yang berada di Rt 24 ini dijalankan oleh seorang  ibu rumah tangga yaitu Bernama ibu Sulis, beliau sudah mempunyai lahan Perkebunan jamur tiram sendiri yaitu seluas 25 meter persegi  dan sudah memulai budidaya jamur tiram ini dari tahun 2018.


Pada tahun 2022 bulan oktober beliau memutuskan untuk membuat ide usaha yakni membuat produk camilan berupa Jamur crispy.


Beliau sendiri mempunyai 1 orang karyawan yang berupa seorang ibu rumah tangga juga jadi tugas karyawan tersebut yaitu membantu segala aktivitas yang berhubungan tentang produksi jamur crispy.


Jadi, Tujuan dari kelompok kami yaitu Membuat usaha/Produk tersebut bisa semakin banyak customer dan peminat lainya.


Dikarenakan beliau sendiri sebagai pemilik mempunyai 1 kendala yaitu di bagian pengiriman barang dan branding produk tersebut, dikarenakan tempat produksi beliau juga sangat jauh dari wilayah perkotaan ataupun tempat jasa kirim.


Maka dari itu kami membvuat tugas kepada kelompok kami untuk memperkenalkan produk tersebut ke masyrakat sekitar ataupun media online dan juga harapan kami produk tersebut bisa di distrtribusikan ke pusat oleh oleh yang berada di kota Malang dan di Indonesia.





Kontributor : Andre

Editor : Arjuna H T Munthe





Processing Into Crispy Mushroom

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Processing Into Crispy Mushroom

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo