terkini

Iklan Film

DPRD Kaltim Sutomo Jabir : Perusahan Tambang Wajib Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal di Kaubun Harus Dipermudah

Lidinews
Rabu, 6/24/2020 05:30:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:51Z

Kutai Timur -  LidiNews.com |Anggota DPRD Kaltim Fraksi PKB Sutomo Jabir dari dapil Bontang, Kutim dan Berau mempertanyakan kegunaan perusahan tambang jika tidak bisa mensejahterakan masyarakat sekitar

"apa gunanya banyak perusahaan tambang di wilayah Kecamatan Kaubun yang beroperasi di sekitaran daerah Sangsaka (Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Kaubun, Karangan) jika tidak mampu mensejahterakan masyarakat di sekitarnya terutama angkatan kerja yang ada, sehingga ada persentase porsi pemerimaan tenaga kerja lokal yang ada," kata Sutomo Jabir, Selasa malam 23/06/2020 saat dihubungi via telepon.

Menurutnya, perusahaan tidak perlu memperbanyak mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah, sementara yang lokal tidak diberdayakan.

Mestinya menurut Sutomo Jubir selama masih ada tenaga kerja lokal jangan didatangkan dari luar daerah.

"untuk apa didatangkan dari luar nanti bisa akan terjadinya konflik sosial yang itu sudah menjadi kewajibannya Perusahaan yang ada," tanyanya.

Anggota DPRD Kaltim Fraksi PKB ini mengharapkan banyaknya industri baik itu dibidang tambang, manufaktur harusnya mampu menyerap tenaga kerja, yakni memperdayakan masyarakat sekitar.

"yang mestinya jangan disamakan standarnya. Tentunya diberikan kemudahan atau pelatihan untuk mengupgrade pengetahuan kemampuannya,"tegas Dia.

Anggota Dewan tersebut menambahkan juga peran pemerintah Kecamatan juga mestinya hadir dan terlibat untuk memberikan pelatihan sesuai dengan standar Perusahaan agar tidak ada lagi alasan bahwa skill nya tidak memenuhi.

"Tidak boleh ada larangan seperti itu bahwa pemerintah bisa mendata ada berapa tenaga kerja lokal yang menganggur, kemudian diberikan skill lalu menanyakan ke pihak perusahaan kira-kira apa yang dibutuhkan. Kan bisa aja melakukan kerjasama dengan BLK (Balai Latihan Kerja),"pungkasnya.

Tentunya komunikasi pemerintah harus hadir untuk mengkoneksikan dengan pihak swasta agar bertujuan mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya , untuk apa Perusahaan ada jika masih ada masyarakat yang belum bekerja, itukan ironis.

"Itulah pemerintah harus hadir agar masyarakat tidak mengambil tindakan sendiri-sendiri,kalau ambil langkah sendiri-sendiri nanti aksesnya komunikasi tentu akan rusak. Dan Perusahaan yang ada harusnya tau diri, harus menyerap tenaga kerja, idealnya tidak ada pengangguran sebab banyak sekali perusahaan di daerah Kaubun,"jelasnya diakhir.

Reporter: Richardo. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPRD Kaltim Sutomo Jabir : Perusahan Tambang Wajib Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal di Kaubun Harus Dipermudah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo